Selasa, 27 Desember 2016

Cara Menjadi Peretas


Cara Menjadi Peretas



Ada komunitas dan budaya bersama dari para programer dan ahli jaringan yang menurut sejarahnya bermula beberapa dekade lalu dari komputer mini dengan sistem berbagi-waktu (time-sharing) pertama dan eksperimen paling awal dari ARPAnet. Anggota dari komunitas ini merupakan para “peretas” pertama. Memasuki sistem komputer dan telepon telah menjadi simbol peretasan dalam budaya saat ini, tapi komunitas ini jauh lebih kompleks dan mengekspresikan moralitas daripada apa yang diketahui sebagian besar orang. Inilah cara untuk menemukan jalan ke dalam dunia peretasan yang kompleks.



Baca Juga: 7 Channel YouTube Terbaik untuk Belajar Hacking Secara Gratis

Metode1 Pelajari Keahlian Peretasan Dasar


1
Jalankan Unix. Unix merupakan sistem operasi dari Internet. Meskipun Anda dapat belajar memakai Internet tanpa mengetahui tentang Unix, Anda tidak bisa menjadi peretas tanpa mengetahui tentang Unix. Karena alasan ini, komunitas peretas saat ini sangat berpusat pada Unix. Sebuah Unix seperti Linux bisa berjalan bersama Microsoft Windows pada komputer yang sama. Download Linux secara online atau cari kelompok pengguna Linux lokal untuk membantu Anda melakukan instalasi.

Cara yang bagus untuk mulai mencoba adalah dengan apa yang penggemar Linux sebut sebagai live CD, sebuah distribusi yang seluruhnya berjalan dari CD tanpa harus mengubah hard disk Anda. Ini adalah cara untuk melihat sesuatu yang baru tanpa harus melakukan sesuatu yang drastis. 

Ada sistem operasi lain selain Unix, tapi mereka didistribusikan dalam bentuk biner – Anda tidak bisa membaca kodenya, dan Anda tidak bisa mengubahnya. Mencoba belajar cara untuk meretas komputer Microsoft Windows atau sistem dengan kode sumber tertutup lainnya seperti mencoba belajar menari sambil memakai pembalut badan dari gips. 

Linux bisa dijalankan pada Mac OS X, tapi hanya sebagian dari sistem itu yang open source – kemungkinan Anda akan mengalami banyak hambatan, dan Anda harus hati-hati untuk tidak mengembangkan kebiasaan buruk tergantung pada kode hak milik dari Apple. 


2 
Menulis HTML. Jika Anda tidak tahu cara memprogram, penting untuk mempelajari HyperText Mark-Up Language (HTML) dasar dan perlahan membangun keahlian Anda. Apa yang Anda lihat ketika melihat gambar dan komponen desain pada website, semuanya itu dikodekan menggunakan HTML. Untuk sebuah proyek, mulailah belajar cara membuat halaman awal dasar dan lanjutkan dari sana. 

Dalam browser Anda, buka informasi sumber halaman (page source) untuk mencermati HTML untuk melihat sebuah contoh. Klik Web Developer > Page Source di Firefox dan luangkan waktu untuk melihat kodenya. 

Anda dapat menulis HTML dalam program pengolah kata dasar seperti Notepad atau SimpleText dan menyimpan file Anda sebagai “text only”, sehingga Anda dapat meng-upload ke browser dan melihat halaman Anda diterjemahkan. 

Anda harus belajar untuk mengetahui format tag (label) dan belajar untuk berpikir secara visual menggunakan tag. Tanda “<” digunakan sebagai pembuka tag dan tanda “/>” digunakan sebagai penutupnya. Tanda “<p>” digunakan sebagai kode pembuka baris pada paragraf. Anda akan memakai tag untuk menyatakan semua yang bersifat visual: huruf miring, pemformatan, warna, dan lain-lain. Mempelajari HTML akan membantu Anda mengerti lebih baik tentang bagaimana Internet bekerja. 


Pelajari bahasa pemrograman. Sebelum Anda mulai menulis sajak, Anda harus belajar tata bahasa dasar. Sebelum melanggar aturan, Anda harus belajar aturan. Tapi jika tujuan akhir Anda adalah menjadi seorang peretas, Anda akan membutuhkan lebih dari bahasa Inggris dasar untuk menulis mahakarya Anda. 

Python adalah “bahasa” yang bagus untuk memulai karena didesain dengan bersih, terdokumentasi dengan baik, dan relatif mudah bagi pemula. Meskipun merupakan bahasa pertama yang bagus, Python bukan sekadar mainan; tapi sangat kuat, fleksibel, dan sesuai untuk proyek besar. Java adalah sebuah alternatif, tapi nilainya sebagai bahasa pemrograman pertama telah dipertanyakan. 

Jika Anda serius dalam pemrograman, Anda harus mempelajari, bahasa inti dari Unix. C++ berhubungan sangat dekat dangan C; jika Anda tahu salah satunya, mempelajari yang lain tidak akan sulit. C sangat efisien dengan sumber daya komputer Anda, tapi akan menyita sejumlah besar waktu Anda untuk melakukan proses debug (mengikuti alur program) dan seringkali dihindari karena alasan tersebut, kecuali efisiensi komputer Anda sangat penting. 


Metode2 Berpikir Seperti Seorang Peretas


Berpikir secara kreatif. Sekarang setelah Anda memiliki keahlian dasar, Anda dapat mulai berpikir tentang seni. Peretas adalah seperti seniman, ahli filsafat, dan insinyur yang semuanya digabung menjadi satu. Mereka percaya pada kebebasan dan tanggung jawab bersama. Dunia penuh dengan masalah-masalah menarik yang menunggu untuk diselesaikan. Peretas menikmati menyelesaikan masalah, mempertajam keahlian mereka, dan melatih intelegensi mereka. 

Peretas memiliki keragaman minat secara budaya dan intelektual, di luar peretasan. Bekerja segiat bermain, dan bermain segiat bekerja. Bagi peretas sejati, batas antara “bermain”, “bekerja”, “sains”, dan “seni” semuanya cenderung menghilang, atau bergabung ke dalam sebuah keadaan suka bermain secara kreatif pada tingkat tinggi. 

Membaca fiksi ilmiah. Pergilah ke konvensi fiksi ilmiah, yang merupakan cara bagus untuk bertemu peretas dan orang yang ingin menjadi peretas. Pertimbangkan berlatih ilmu bela diri. Jenis disiplin mental yang diperlukan untuk bela diri tampaknya mirip dalam cara-cara penting pada apa yang peretas lakukan. Ilmu bela diri yang paling bermental peretas adalah yang memberi penekanan pada disiplin mental, kesadaran relaks, dan kontrol, dibanding kekuatan kasar, keatletisan, atau ketahanan fisik. Tai Chi merupakan ilmu bela diri yang bagus untuk peretas. 


2 
Suka menyelesaikan masalah. Tidak ada masalah yang seharusnya diselesaikan dua kali. Pikirkan hal ini sebagai sebuah komunitas di mana waktu setiap orang merupakan hal berharga. Peretas percaya berbagi informasi adalah tanggung jawab moral. Ketika Anda memecahkan masalah, buatlah informasi tersebut diketahui umum untuk menolong setiap orang agar bisa memecahkan masalah yang sama. 

Anda tidak harus percaya bahwa Anda wajib untuk memberikan semua produk kreatif Anda begitu saja, meskipun para peretas yang melakukannya akan menjadi orang yang dihormati oleh peretas lain. Hal ini konsisten dengan nilai-nilai peretas untuk menjual secukupnya agar Anda terpenuhi dalam hal makanan, tempat tinggal dan komputer. 

Baca buku karya lama, seperti Jargon File atau Hacker Manifesto oleh The Mentor. Buku-buku itu mungkin sudah kuno dalam hal istilah dari masalah teknis, tapi sikap dan semangatnya tetap berlaku hingga kini.


3
Belajar untuk mengenali dan melawan wewenang. Musuh dari peretas adalah kebosanan, pekerjaan yang membosankan, dan pihak berwenang yang memakai penyensoran dan kerahasiaan untuk mencekik kebebasan informasi. Pekerjaan monoton menghambat peretas untuk melakukan peretasan. 

Mendukung peretasan sebagai cara hidup adalah menolak hal yang dikenal sebagai konsep “normal” dari bekerja dan hak milik, dan lebih memilih melawan untuk kesamaan hak dan pengetahuan umum. 


4
Menjadi ahli. Setiap orang yang meluangkan waktu di Reddit bisa menulis nama pengguna yang usil dan menggelikan dan berlagak sebagai peretas. Tapi Internet adalah penyeimbang yang baik, dan menghargai keahlian lebih dari ego dan sikap. Luangkan waktu mengasah keahlian dan bukan pencitraan dan Anda akan lebih cepat mendapat hormat dibanding menunjukkan diri Anda pada hal-hal dangkal yang kita pikir adalah “peretasan”. 


Metode3 Mendapatkan Rasa Hormat


1 
Menulis perangkat lunak open-source. Buatlah sebuah program yang menurut peretas lain adalah menyenangkan atau berguna, dan berikan kode sumber (source code) program secara gratis ke seluruh komunitas peretas untuk digunakan. Orang-orang hebat paling dipuja dalam dunia peretas merupakan orang-orang yang telah menulis program besar dan berguna yang memenuhi kebutuhan secara luas dan diberikan secara gratis, sehingga sekarang setiap orang bisa menggunakannya. 


2
Membantu melakukan tes dan debug perangkat lunak open-source. Pembuat perangkat lunak open-source akan memberi tahu Anda bahwa beta-tester (orang yang tahu bagaimana menggambarkan gejala dengan jelas, melokalisir masalah dengan baik, dapat menghadapi kesalahan-kesalahan dalam rilis secara cepat, dan bersedia melakukan beberapa rutin diagnosis sederhana) yang baik adalah sangat berharga. 

Cobalah menemukan program yang masih dalam pengembangan yang menarik bagi Anda dan jadilah beta-tester yang baik. Ada kemajuan secara alami dari membantu menguji program ke membantu debug ke membantu memodifikasi program. Anda akan belajar banyak dengan cara ini, dan menghasilkan kemauan baik dengan orang-orang yang akan membantu Anda nantinya. 


3
Menerbitkan informasi yang berguna. Hal baik lain adalah mengumpulkan dan menyaring informasi berguna dan menarik ke dalam halaman web atau dokumen seperti daftar Pertanyaan yang Sering Ditanyakan (FAQ), dan membuatnya tersedia untuk umum. Pemelihara dari FAQ teknis utama dihormati hampir sama seperti pembuat program open-source. 


4
Membantu menjaga infrastruktur tetap berjalan. Komunitas peretas (dan pengembangan keahlian teknik dari Internet, dalam hal ini) dijalankan oleh para sukarelawan. Ada banyak pekerjaan penting tapi tidak menarik yang harus dikerjakan untuk membuatnya terus berjalan – mengurus daftar surat menyurat (mailing list), menjadi moderatornewsgroup, memelihara situs arsip software yang besar, mengembangkan RFC dan standar teknis lain. Orang-orang yang melakukan hal semacam ini dihormati, karena semua orang tahu bahwa pekerjaan ini membutuhkan banyak waktu dan tidak semenarik bermain dengan kode. Melakukan hal-hal ini menunjukkan dedikasi. 


5
Melayani komunitas peretas itu sendiri. Ini bukanlah sesuatu yang akan Anda lakukan sampai Anda telah lama berada dalam bidang ini dan dikenal untuk salah satu dari ke empat hal yang disebutkan di atas. Komunitas peretas tidak memiliki pemimpin, tapi memiliki pahlawan, ketua kelompok, sejarawan dan pembicara. Ketika Anda telah berkecimpung cukup lama, Anda mungkin akan berkembang menjadi salah satu dari peran tersebut. 

Peretas tidak mencoba terang-terangan menjadi ketua kelompok, sehingga tampak mencari popularitas semacam ini adalah berbahaya. Daripada berusaha untuk itu, Anda harus memposisikan diri Anda agar posisi tersebut jatuh ke pangkuan Anda, dan jadilah rendah hati dan ramah tentang status Anda. 



Tips

Perl layak dipelajari karena alasan praktis; digunakan secara luas untuk halaman web dan sistem administrasi aktif, sehingga bahkan jika Anda tidak pernah menulis memakai Perl, Anda seharusnya belajar untuk membacanya. Banyak orang memakai Perl untuk menghindari pemrograman C pada pekerjaan yang tidak membutuhkan efisiensi komputer memakai C. 

Tulis bahasa asli Anda dengan baik. Meskipun ada anggapan umum bahwa programer tidak bisa mengarang, tapi sejumlah peretas sangat ahli dalam mengarang. 

LISP layak dipelajari untuk alasan berbeda – pengalaman pencerahan yang dalam akan Anda dapatkan ketika Anda akhirnya memahaminya. Pengalaman itu akan membuat Anda menjadi programer yang lebih baik untuk seterusnya, bahkan jika Anda tidak banyak memakai LISP. Anda bisa mendapatkan beberapa pengalaman awal dengan LISP cukup mudah dengan menulis dan mengubah mode penulisan untuk editor teks Emacs, atau plugin Script-Fu untuk GIMP. 


Peringatan

Melakukan pengubahan pada program tanpa seizin pembuat (cracking) adalah aktivitas ilegal yang dapat berakibat hukuman berat. Hal itu merupakan pelanggaran berat dan dapat dijatuhi hukuman.

Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Tinggalkan Jejak
TERIMAKASIH !!


Sumber


0 komentar:

Posting Komentar

 
Bloody Stabbing Knife